Minggu, 05 Januari 2014

YANG SEDERHANA DAN TERLUPAKAN DENGAN SEGUDANG MANFAAT

Sarapan atau makan pagi adalah makanan yang disantap pada pagi hari. Waktu sarapan dimulai biasanya dari pukul 06.00 pagi sampai dengan pukul 10.00 pagi. Sarapan merupakan waktu makan yang paling penting dan sangat dianjurkan untuk dipenuhi. Sarapan juga memiliki berbagai manfaat untuk  mempertahankan kesehatan tubuh, namun kebanyakan orang sering  mengabaikan hal tersebut.
Sarapan pagi membantu memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mensuplai nutrisi bagi tubuh. Salah satunya bagi otak kita sesudah tidur malam selama 8 sampai 10 jam. Sarapan akan dapat mengisi kembali keperluan nutrisi yang habis sewaktu menjalankan aktifitas istirahat tidur Sarapan merupakan pasokan energy pertama untuk melakukan aktivitas sehari-hari, maka dari itu penting untuk membiasakan melakukan makan pagi.
Dewasa ini banyak sekali orang-orang yang mengabaikan sarapan terutama mereka yang harus bekerja dan anak-anak sekolah yang dituntut untuk berangkat pagi-pagi sekali. Dan ide untuk meninggalkan sarapan di awal hari sebenarnya bukanlah sebuah ide yang bagus karena manfaat yang didapat dari sarapan tidak akan didapatkan dari waktu  makan lainnya.
Banyak orang beranggapan sarapan dapat menjadikan gemuk akan tetapi berbagai penelitian menunjukkan bahwa ketika tidak melakukan sarapan pagi berat badan akan bertambah, meningkatkan kadar kolesterol dalam darah dan menjadikan menurunnya kepekaan dari hormone insulin. Hal ini dikarenakan ketika tidak sarapan orang cenderung makan lebih banyak pada siang dan malam hari. Bagi anak sekolah, sarapan menjadi sangat penting karena dapat meningkatkan konsentrasi dan daya  tangkap ketika belajar dan melakukan berbagai aktifitas di sekolah. Selain itu anak yang terbiasa  melakukan sarapan akan tumbuh dan berkembang lebih baik  dibandingkan teman-temannya yang tidak sarapan. Hal ini dikarenakan ketika tubuh kekurangan energy di pagi hari, maka tubuh akan mengambil lemak dan protein sebagai bahan baku pembuatan energy sehingga protein yang seharusnya digunakan untuk pertumbuhan diubah menjadi energy untuk beraktifitas.
Selain  berbagai manfaat  yang telah disebut diatas, sarapan masih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan antara lain addalah:
1.   Memberikan energi lebih
Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas di pagi hari dan energi tersebut dapat diperoleh dari sarapan pagi. Hal ini membuat tubuh tetap fit dan tidak cepat lelah.
2.   Menyegarkan otak
Otak juga mendapatkan nutrisi dari sarapan sehingga otak dapat berpikir lebih baik dan cepat. Selain itu sarapan pagi juga meningkatkan konsentrasi. Selain itu, sarapan juga dapat membantu menjadikan mood seseorang bagus selama sehari. Penelitian terakhir membuktikan bahwa tidur semalaman dapat membuat otak kelaparan. Jika tidak mendapatkan glukosa yang cukup pada saat sarapan, maka fungsi otak atau memori dapat terganggu, hal ini membuktikan sarapan juga  dapat  memperbaiki dan memperkuat memori.
3.   Mencegah penyakit Maag
Sarapan pagi membuat lambung terisi makanan sehingga dapat menetralisir asam lambung yang diproduksi saat kita tidur hingga terbangun di pagi hari. Lambung yang terlalu lama kosong dapat mengakibatkan rasa perih yang akan mengakibatkan timbulnya sakit maag. Seseorang yang telah memiliki riwayat sakit maag harus lebih disiplin dalam menjaga pola makan, terutama makan pagi  atau sarapan karena ketika perut kosong terlalu lama akan meningkatkan asam lambung dan memicu kambuhnya penyakit maag yang diderita.
4.   Membantu perkembangan anak
Bagi seusia anak sekolah, konsentrasi belajar, kemampuan berpikir, daya ingat, akan meningkat jika sudah mengonsumsi sarapan. Anak pun jadi lebih mudah menyerap pelajaran yang didapatnya dan kebutuhan nutrisi untuk perkembangan anak turut terpenuhi.
5.   Menyehatkan tubuh
Sarapan pagi membuat tubuh terhindar dari kolestrol. Hal ini dikarenakan sarapan mampu mendorong metabolisme sehingga produksi enzim yang meningkatkan kolestrol berkurang. Selain itu, sarapan secara rutin juga bisa mengecilkan lingkar pinggang hingga 5cm. Satu hal yang perlu diperhatikan, porsi sarapan hendaknya tidak terlalu banyak, karena dapat mengganggu aktivitas.

6.    Menghindari makan tak terkontrol
Sarapan pagi menghindarkan kita dari rasa lapar berlebih. Jika tidak sarapan, yang terjadi adalah rasa lapar mengakibatkan porsi makan siang menjadi lebih banyak dan mengonsumsi banyak cemilan. Dari camilan-camilan inilah dapat menyebabkan kegemukan. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa tidak sarapan pagi memiliki resiko obesitas 4x lebih besar dibanding dengan yang sarapan pagi.

0 komentar:

Posting Komentar